BAB I
PENDAHULUAN
Dalam makalah ini saya akan
membahas suatu usaha untuk menjadi seorang wirausahawan yang bisa
memperkerjakan diri sendiri maupun orang lain. Salah satu contoh usaha yang
akan saya bahas adalah usaha “ Rumah Makan “.
Saya berharap makalah ini dapat berguna bagi yang ingin menjadi
seorang wirausahawan yang hebat dan bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan
yang baru bagi masyarakat. Semoga makalah ini mampu memberikan motivasi yang
sangat berguna bagi pembaca.
BAB II
LANDASAN TEORI
Untuk
membangun sebuah usaha maka seorang wirausaha harus mengenal terlebih dahulu
apa itu yang dimaksud dengan usaha?
Usaha
adalah suatu
kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa keuntungan, upah,
atau laba usaha. Usaha yang dilakukan secara terus menerus dan telaten akan
menjadi kegiatan usaha yang tetap. Apabila sudah berkembang, usaha tersebut
dapat berubah menjadi suatu perusahaan yang besar.
BAB
III
ISI
BUSINESS PLAN
VISI DAN MISI.
1.VISI
rumah makan dengan konsep
yang memberikan kepuasan terhadap pelanggan maupun dari cara pelayanan ataupun
dari segala segi rasa terhadap makanan tersebut.
2.MISI
1. Pelayanan
yang penuh ramah.
2. Menerima
kritik dari pembeli.
3. Pelayanan
cepat .
4. Dengan
lingkungan yang selalu bersih dan nyaman bagi semua pembeli.
IDENTIFIKASI
USAHA
·
Nama Usaha: Rumah Makan Utama Rasa
·
Pemilik Usaha: Qirana Rizka Ramadhanty
BAB IV
ANALISIS USAHA
Kebutuhan makan dan minum
tidak akan pernah berhenti. Sebab, makan dan minum merupakan kebutuhan utama
manusia selama hidupnya. Karena itu, bisnis makanan menjadi bisnis yang sangat
menjajikan. Syaratnya, pengelola harus mampu mengelola manajemen dengan tepat,
berpikir kreatif dan terus berinovasi.
Dibutuhkan kesabaran dan
keberanian, supaya keuntungan bisnis makanan bisa
mencapai 100 persen. Tentu hal ini
begitu menggiurkan dan banyak orang yang melirik bisnis kuliner. Tetapi harus
memikirkan bagaimana membuat usaha ini dapat maju dan diterima oleh
masyarakat umum merupakan suatu strategi dalam menjalankan kegiatan usaha.
BAB
V
RENCANA
PERMODALAN
PENENTUAN HARGA PRODUKSI
Biaya lain-lain:
1. Meja
dan Kursi : Rp.1.000.000
2. Peralatan
Masak : Rp.1.000.000
3. Peralatan
Makan : Rp.750.000
4. Lain-lain :
Rp.500.000
Total : Rp.Rp.3.250.000
Modal Kerja Perbulan:
1. Upah
Tenaga Kerja Satu Orang :
Rp.750.000
2. Transportasi : Rp.300.000
Total : Rp.1.050.000
Asumsi analisa Usaha Rumah
Makan:
Perkiraan pendapatan jika
penjualan perhari sebanyak 50porsi dengan harga per porsi RP.7.500 laba dan
ruginya bisa dilihat dari penjualan makanan 50porsi x 30 hari x 7.500 hasilnya
sebanyak Rp.11.250.000. Pengeluaran selama satu bulannya Rp.4.800.000, jadi
laba usaha perbulannya Rp.6.450.000.
BAB
VI
RENCANA
PEMASARAN
ANALISIS PERSAINGAN USAHA :
A.STRENGTH
Ø Bahan
bakunya mudah ditemukan
Ø Menggunakan
bahan dan proses yang berkualitas
B.WAEKNESS
Ø Tahan
lama dan tidak mudah basi
C.THREATS
Ø Selera
pembeli yang bermacam – macam
Ø Muncul
banyaknya pesaing pesaing baru
PROMOTION :
Ø Advertising :
Menggunakan media jejaring sosial
Ø Sales
Promotion : Mempromosikan Penjualan
Ø Kepada : Konsumen
Ø Personal
Selling : Menjual kepada penjual
secara langsung
TEMPAT :
Ø Berlokasi
di wilayah Bogor Tengah Jl. Panaragan Penggilingan RT 01/RW.06 NO.46
BAB
VII
RESIKO
DAN ANTISIPASI
RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA :
1.Harga
dan bahan yang selalu turun maupun naik
2.Adanya
persaingan dengan usaha yang sejenis
3.Tidak
tercapainya target produksi
ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA :
1.Memiliki
tempat langganan untuk membeli barang barang pokok
2.Selalu
memberi kepuasan yang baik
3.Setiap
hari dilakukan penulisan data selama penjualan berlangsung.
BAB
VIII
KESIMPULAN
Dalam
membuka usaha rumah makan perlu mempertimbangkan beberapa hal, dari hal
keuntungan yang kita dapat maupun kerugian yang kita dapat disuatu penjualan
tersebut. Menjadi seorang pengusaha pun perlu memiliki kemampuan untuk mengatur
dan mengelola usahanya tidak boleh asal dalam mengelola usaha tersebut.
Usaha
rumah makan cukup menjamin untuk kedepannya. Karena, makanan adalah suatu pokok
yang harus dipenuhi manusia. Teliti dalam mengelola usaha maupun menanggapi
konsumen sangat diperlukan agar keuntungannya bisa dinikmati.
Promosi
dalam penjualan pun perlu, promisi paling efektif adalam promisi dari mulut ke
mulut. Setiap pembeli yang diperlakukan sebagaimana layaknya seorang pelanggan
akan merasa senang, aman dan nyaman. Dan suatu saat pasti akan kembali dengan
mengajak orang lain untuk makan di rumah makan Anda.
0 komentar:
Posting Komentar