Sabtu, 29 November 2014

4 Tahap Perencanaan

06.46

           BAB I
            PENDAHULUAN 

Dalam makalah ini saya akan membahas suatu usaha untuk menjadi seorang wirausahawan yang bisa memperkerjakan diri sendiri maupun orang lain. Salah satu contoh usaha yang akan saya bahas adalah usaha “ Rumah Makan “.
Saya berharap makalah ini dapat berguna bagi yang ingin menjadi seorang wirausahawan yang hebat dan bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat. Semoga makalah ini mampu memberikan motivasi yang sangat berguna bagi pembaca.


BAB II
LANDASAN TEORI

Untuk membangun sebuah usaha maka seorang wirausaha harus mengenal terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan usaha?
Usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa keuntungan, upah, atau laba usaha. Usaha yang dilakukan secara terus menerus dan telaten akan menjadi kegiatan usaha yang tetap. Apabila sudah berkembang, usaha tersebut dapat berubah menjadi suatu perusahaan yang besar.



BAB III
ISI BUSINESS PLAN

VISI DAN MISI.
1.VISI
rumah makan dengan konsep yang memberikan kepuasan terhadap pelanggan maupun dari cara pelayanan ataupun dari segala segi rasa terhadap makanan tersebut.
2.MISI
1.    Pelayanan yang penuh ramah.
2.    Menerima kritik dari pembeli.
3.    Pelayanan cepat .
4.    Dengan lingkungan yang selalu bersih dan nyaman bagi semua pembeli.

IDENTIFIKASI USAHA
·         Nama Usaha: Rumah Makan Utama Rasa
·         Pemilik Usaha: Qirana Rizka Ramadhanty
 


BAB IV
ANALISIS USAHA

Kebutuhan makan dan minum tidak akan pernah berhenti. Sebab, makan dan minum merupakan kebutuhan utama manusia selama hidupnya. Karena itu, bisnis makanan menjadi bisnis yang sangat menjajikan. Syaratnya, pengelola harus mampu mengelola manajemen dengan tepat, berpikir kreatif dan terus berinovasi.
Dibutuhkan kesabaran dan keberanian, supaya keuntungan bisnis makanan bisa mencapai  100 persen. Tentu hal ini begitu menggiurkan dan banyak orang yang melirik bisnis kuliner. Tetapi harus memikirkan bagaimana membuat usaha ini dapat maju dan diterima oleh masyarakat umum merupakan suatu strategi dalam menjalankan kegiatan usaha.





BAB V
RENCANA PERMODALAN

PENENTUAN HARGA PRODUKSI
Biaya lain-lain:
1.    Meja dan Kursi               : Rp.1.000.000
2.    Peralatan Masak            : Rp.1.000.000
3.    Peralatan Makan           : Rp.750.000
4.    Lain-lain                          : Rp.500.000
Total   : Rp.Rp.3.250.000    
Modal Kerja Perbulan:
1.    Upah Tenaga Kerja Satu Orang         : Rp.750.000
2.    Transportasi                                            : Rp.300.000
Total   : Rp.1.050.000
Asumsi analisa Usaha Rumah Makan:
            Perkiraan pendapatan jika penjualan perhari sebanyak 50porsi dengan harga per porsi RP.7.500 laba dan ruginya bisa dilihat dari penjualan makanan 50porsi x 30 hari x 7.500 hasilnya sebanyak Rp.11.250.000. Pengeluaran selama satu bulannya Rp.4.800.000, jadi laba usaha perbulannya Rp.6.450.000.





BAB VI
RENCANA PEMASARAN

ANALISIS PERSAINGAN USAHA :
            A.STRENGTH
Ø  Bahan bakunya mudah ditemukan
Ø  Menggunakan bahan dan proses yang berkualitas

B.WAEKNESS
Ø  Tahan lama dan tidak mudah basi
C.THREATS
Ø  Selera pembeli yang bermacam – macam
Ø  Muncul banyaknya pesaing pesaing baru

PROMOTION :
Ø   Advertising               : Menggunakan media jejaring sosial
Ø   Sales Promotion      : Mempromosikan Penjualan
Ø   Kepada                      : Konsumen
Ø   Personal Selling      : Menjual kepada penjual secara langsung
TEMPAT :
Ø  Berlokasi di wilayah Bogor Tengah Jl. Panaragan Penggilingan RT 01/RW.06 NO.46 



BAB VII
RESIKO DAN ANTISIPASI

RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA :
      1.Harga dan bahan yang selalu turun maupun naik
      2.Adanya persaingan dengan usaha yang sejenis
      3.Tidak tercapainya target produksi

ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA :
      1.Memiliki tempat langganan untuk membeli barang barang pokok
      2.Selalu memberi kepuasan yang baik
      3.Setiap hari dilakukan penulisan data selama penjualan berlangsung.



BAB VIII
KESIMPULAN

Dalam membuka usaha rumah makan perlu mempertimbangkan beberapa hal, dari hal keuntungan yang kita dapat maupun kerugian yang kita dapat disuatu penjualan tersebut. Menjadi seorang pengusaha pun perlu memiliki kemampuan untuk mengatur dan mengelola usahanya tidak boleh asal dalam mengelola usaha tersebut.
Usaha rumah makan cukup menjamin untuk kedepannya. Karena, makanan adalah suatu pokok yang harus dipenuhi manusia. Teliti dalam mengelola usaha maupun menanggapi konsumen sangat diperlukan agar keuntungannya bisa dinikmati.
Promosi dalam penjualan pun perlu, promisi paling efektif adalam promisi dari mulut ke mulut. Setiap pembeli yang diperlakukan sebagaimana layaknya seorang pelanggan akan merasa senang, aman dan nyaman. Dan suatu saat pasti akan kembali dengan mengajak orang lain untuk makan di rumah makan Anda.

 







 



 

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Hello! Welcome to my Blog :). All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top