Minggu, 21 Oktober 2018

Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern

07.25

Apa yang dimaksud dengan inovasi? Pengertian Inovasi adalah suatu proses dan/ atau hasil pengembangan pemanfaatan suatu produk/ sumber daya yang telah ada sebelumnya, sehingga memiliki nilai yang lebih berarti.
Ada juga yang mengatakan arti inovasi adalah suatu pembaharuan terhadap berbagai sumber daya sehingga sumber daya tersebut mempunyai manfaat yang lebih bagi manusia. Proses inovasi sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan karena kedua hal tersebut dapat memudahkan dalam memproduksi sesuatu yang baru dan berbeda.
Pada dasarnya manfaat inovasi adalah untuk menyempurnakan atau meningkatkan fungsi dari pemanfaatan suatu produk atau sumber daya sehingga manusia mendapatkan manfaat yang lebih. Inovasi terjadi di berbagai bidang kehidupan, mulai dari dunia bisnis, pendidikan, komunikasi, dan lain sebagainya.
  
Contoh Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern di bidang Pendidikan. Salah satu aplikasi e-learning yang berbasis open source adalah Moodle. Moodle adalah paket software yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan website. Moodle pertama kali dikembangkan oleh Martin Dogiamas yang mempertahankan moodle sebagai paket software e-learning yang free (gratis) dan open source (terbuka source programnya). Moodle terus mengembangkan rancangan sistem dan desain user interface setiap minggunya (up to date). Oleh karena itu Moodle tersedia dan dapat digunakan secara bebas sebagai produk open source. Sistem e-learning berbasis open source (moodle) yang digunakan diharapkan dapat meningkatkan efsiensi dan efektivitas kinerja pengajar dan pemahaman pembelajar terhadap materi pembelajaran. Istilah moodle singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Enviroment yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan model berorientasi objek atau merupakan paket lingkungan pendidikan berbasis web yang dinamis dan dikembangkan dengan konsep berorientasi objek.

4 (empat) ciri-ciri inovasi yaitu :
  1. Ciri-ciri inovasi paling utama adalah memiliki ciri yang khas di dalam setiap aspeknya. Apabila sebuah inovasi tidak terdapat kekhasan dan gagasan yang sudah adal sebelumnya maka hal tersebut tidak dapat dikatakan sebagai sebuah inovasi.
  2. Ciri-ciri kedua dari inovasi adalah bersifat baru. Sebuah ide atau gagasan dapat dikatakan sebagai sebuah inovasi harus merupakan gagasan atau ide yang baru dan tidak pernah di publikasikan sebelumnya.
  3. Ciri-ciri inovasi selanjutnya adalah inovasi harus di ciptakan melalui program yang terencana. Sebuah inovasi biasanya di buat secara terencana untuk mengembangkan hal-hal tertentu. Oleh sebab itu inovasi harus di buat dengan perencanaan dengan matang dan jelas.
  4. Ciri inovasi ke empat adalah memiliki tujuan sehingga sebuah inovasi harus memiliki target yang akan di capai.
Sumber : https://www.pahlevi.net/pengertian-inovasi/
https://naufalakmalfauzi.wordpress.com/2016/10/10/inovasi-sistem-informasi-teknologi-informasi-modern/




Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Hello! Welcome to my Blog :). All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top