Selasa, 18 Desember 2018

Aplikasi VR dan AR

05.16


Contoh Aplikasi VR “GermBuster VR”
1. Zombie Shooter VR
https://d2pa5gi5n2e1an.cloudfront.net/id/images/article/5803_ID/icon1.jpg
https://d2pa5gi5n2e1an.cloudfront.net/id/images/article/5803_ID/1.jpg
Mari kita mulai dengan salah satu tema video game yang paling digandrungi hingga saat ini: zombie. Untuk game VR zombie terbaik saat ini, boleh dikatakan Resident Evil 7 jawaranya. Sayangnya, game ini hanya terdapat di platform PC dan console saja. Untuk sistem Android, Anda bisa mencoba Zombie Shooter VR. Premisnya sama seperti game zombie buatan Capcom tersebut, yaitu bertahan hidup di tengah kepungan zombie. Dengan sudut pandang orang pertama, Anda harus sigap menumpas zombie yang terdapat di sepanjang lorong bawah tanah dengan senjata api yang Anda punya. Game ini menawarkan sudut eksplorasi 360 derajat dan kompatibel dengan berbagai headset VR yang ada di pasaran saat ini.
Cara Pembuatan Game VR Menggunakan Software Unity
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAWRze2hqY74i6TEHHp_pzNwk7EsCzDGa5RcOIdwWQQXtrVIjK27uzfLIPjd58YS42-4qKSEsOinAXQYSKgd088yeNONMvUJL_zy4dRcOY-uypFfB3nBGcX8-mHarcDXQozDbAgCPQda4/s320/vr2.jpg
Unity memungkinkan Anda membuat upload game Anda pada banyak platform berbeda, termasuk iOs, Android, Xbox, dan Linux. 

Menambahkan plugin VR
Untuk membuat game VR untuk platform pilihan Anda, kita harus mengunduh beberapa plugin. Pada tutorial kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana mengupload ke Android platform. Untuk mengupload ke iOS, Anda harus mendowload Xcode.
Sekarang, mari download plugin Giigle VR SDK untuk Unity. Pada tutorial kali ini, ini versi 1.110. Ada bisa menemukannya di GitHub. Unzip dan ekstrak semua file ke folder baru. Ini akan membantu Anda menjaga file tetap terorganisir.
Sebagai tambahan, jika Anda tidak punya, Anda mungkin membutuhkan Java SE Development Kit. Ikuti instruksinya pda website Oracle.
Mari Membuat Projek
Bukalah Unity untuk membuat projek baru. Ini akan memintamu apakah Anda ingin download sebuah aset. Mari download Environment Package.
Jika projek Anda sudah terbuka, pindah ke Assests > Import Package > Custome Package > ImportGoogle VR SDK for Unity > Import.
Kita perlu mempersiapkan projek kita untuk platform VR. Kita harus memberi tahu Unity yang kita bangun untuk Android dan membuat scene VR aktif. Pertama, pergi ke File > Build dan pilih Android. Ini akan jadi waktu yang tepat untuk memilih Landscape Left. Lalu klik Switch Platform di bawah dan tutup jendela.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinsJszF6DMQTyweCSmXLQLF1ofIYSoDX1QarvxV7DMBd-qd46qpj2ibP8-SfNq46y4K9fLpT2n9Sh6IzSI93dOAYLC0I8qrbI13OGIrxDRralLiMi7OstDPz8busWdI356L2RnpfSMTk4/s320/vr3.jpg

Waktunya untuk mengaktifkan pengaturan VR. Jika Anda mencoba memainkan game sebelum melakukan hal di atas, Anda akan mengalami eror. Pergi ke Edit > Project Settings > Player, kemudian pada sebelah tangan kanan di bawah XR Setings, klik Virtual Reality Supported.
Jangan lupa untuk memilih sebuah SDK. Pada tutorial ini, pilih Cardboard (seperti di atas).
Lingkungan Kita
Uji Game 
Anda membutuhkan debugging USB untuk membangun untuk Android. Jika Anda memiliki ponsel Android, navigasikan ke Settings dan kemudian About Phone, dan tekan Build Number tujuh kali. Anda akan mendapatkan tombol baru untuk developer.

Aplikasi AR hyng (Android, iOS)

aplikasi ar terbaik
Thyng (Android, iOS) adalah toolkit untuk menciptakan pengalaman augmented reality Anda sendiri, dengan alat untuk menciptakan berbagai efek AR, seperti menempatkan tokoh-tokoh animasi dan model 3D di atas permukaan dan target, menaruh video dan foto di udara, dan banyak lagi. Anda kemudian dapat mengambil snapshot dari kreasi Anda, atau merekam video dengan durasi maksimal 30 detik. Aplikasi AR terbaik ini tersedia di Android dan iOS, didukung oleh ARCore dan ARKit.
Cara pembuatan AR menggunkan software Vuforia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuSzc1qJ1NjjmrsSnZo_M303HMpVqCviwpVFM4svkNWTNIkx0_ZjF9qxrgSEly8QgO1l_GPlcwMqaOx1v-bm76KAKQLbwaiaAfYoB3LYG6yIIIvFF7br3_aGo-KEctGSBoSukq2eRsZQA/s1600/ar2.png

Setiap jenis gambar bisa jadi Vuforia   Image Target. Namun, semakin detail dan rumit gambarnya, semakin baik ia akan dikenali oleh algoritma.  
Banyak faktor akan menjadi bagian dari penghitungan pengenalan, namun pada dasarnya gambar harus memiliki tingkat kontras, resolusi, dan elemen pembeda yang wajar.  Foto langit biru tidak akan bekerja dengan baik, tapi gambar rumput akan bekerja dengan anggun.  Sasaran Gambar dapat dikirimkan bersama aplikasi, diupload ke aplikasi melalui cloud, atau langsung dibuat di app oleh pengguna.
Menambahkan Target
Pertama, download aset kursus dari tombol di sidebar. Kemudian, di proyek Unity anda, buatlah sebuah scene baru yang disebut   DefendTheBase: di Proyek jendela, pilih folder Scenes dan klik   Create > Scene.   Sekarang buka scene tersebut dan hapus semua objek scene default dari hirarki.
Selanjutnya kita akan menambahkan cahaya dan kamera. Klik  Add >  Light > Directional Light untuk menambahkan cahaya arah. Pilih lampu dan setingan baru ini  Soft Shadow  sebagai pilihan Shadow Type.  
Setelah itu, seret dan jatuhkan sebuah objek ARCamera  dari   Vuforia  > Prwfabs.  Pilih ARCamera objek dan di panel inspektur,   atur  App License Key  yang dibuat di halaman pengembang Vuforia. Pilih DEVICE_TRACKING Untuk World Center Mod.
Akhirnya, seret dan jatuhkan ImageTarget ke hirarki dari Vuforia > Prefabs.
Ada tiga jenis Database yang bisa dipilih:
Device: Database disimpan di perangkat dan semua target diperbarui secara lokal.
Cloud: database pada server Vuforia.
VuMark: database eksklusif untuk target VuMark. Hal ini juga disimpan pada perangkat.
Dalam hal ini, pilih Device pilihan dan klik Create.
Pilih database baru sehingga kita bisa mulai menambahkan target untuk itu. Sekarang saatnya menambahkan target ke database. Untuk saat ini, kita hanya akan menggunakan pilihan Gambar tunggal.
Di editor Unity, klik objek ImageTarget. Pertama, temukan dan kembangkan  Image Target Behavior di inspektur objek. Pilih Type dari  Predefined.  Pilih target gambar yang telah kita buat sebelumnya untuk Database. Akhirnya, pastikan bahwa pilihan Enable Extended Tracking dan Enable Smart Terraindinonaktifkan.
ImageTarget prefab terbuat dari serangkaian komponen, termasuk beberapa skrip seperti Image Target Behavior, Turn Off Behavior, dan Default Tracker Event Handler. Jika anda ingin memahami secara mendalam bagaimana sistem ini bekerja, baca skrip tersebut dan cobalah untuk memahami hubungan mereka terhadap komponen lainnya  
Untuk tutorial ini, kita tidak akan menggali terlalu dalam. Kita hanya perlu berkonsentrasi pada   Default Tracker Event Handler, yang menerima panggilan saat status pelacakan target gambar mengalami perubahan.  Jadi mari kita gunakan skrip ini sebagai dasar untuk membuat perilaku skrip kita sendiri.
Buat salinan naskah ini yang bisa kita perpanjang. Pilih dulu  Standar Tracker Event Handler, klik pada pilihan dan pilih  Mengedit Script.  Sekarang, buat salinan naskahnya. Jika anda menggunakan MonoDevelop, klik File > Save As  dan simpan sebagai   ImageTargetBehavior, simpan ke dalam folder Scripts.
Mengontrol Kesehatan Base
Mari mulai menambahkan baris kesehatan. Dalam panel Hirarki  di editor Unity, klik   Create  >  UI  > Slider.  Sebuah elemen Kanvas baru akan ditambahkan ke hirarki. Ia berisi elemen UI, termasuk Slider baru. Perluas Kanvas dan pilih Slider.
Ubah nama elemen slider menjadi UIHealth. Dalam panel Inspektur, luaskan Transformasi Rect dan atur Lebar menjadi 400 dan Tinggi 40. Atur Pos X menjadi -220,  Pos Y  30, dan Pos Z 0.
Sekarang buka slider script dalam hirarki. Batalkan pilihan pilihan Interaktif. Untuk Target Grafis, klik pada 'titik' kecil di sisi kanan dan pilih gambar Latar Belakang.  
Atur Nilai Min menjadi 0 dan Nilai maks 100.
Pilih Nomor Utuh.
Atur Nilai menjadi 100

Sumber :  https://monsterar.net/2018/08/20/15-aplikasi-ar-terbaik-gratis/

https://id.priceprice.com/harga-hp/news/Game-VR-Android-Terbaik-5803/


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Hello! Welcome to my Blog :). All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top