Rabu, 04 April 2018

DATA MINING PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI KRITERIA NASABAH KREDIT

22.53


PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI
KRITERIA NASABAH KREDIT


Tugas Bagian Dana Bank XY selama ini adalah mencari nasabah dan/atau menghimpun dana masyarakat berupa kredit, dana tabungan, deposito, simpanan, dan pinjaman lainnya. Metode yang digunakan untuk menentukan target pasar selama ini adalah mengklasifikasikan semua nasabah yang telah melunasi angsuran kreditnya ke dalam target pemasaran, padahal belum tentu semua nasabah tersebut akan tertarik melakukan peminjaman kredit kembali.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan loyalitas nasabah bank tersebut, maka bagian ini dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi pemasaran, baik produk maupun layanan jasa perbankan yang akan ditawarkan kepada nasabah khususnya dalam masalah perkreditan. Hal ini dapat direalisasikan jika diperoleh informasi yang cukup untuk membantu proses pengambilan keputusan di bidang marketing, salah satunya adalah dengan melakukan peramalan

atau memprediksi kriteria nasabah untuk kepentingan target pemasaran.

Data mining dapat digunakan oleh marketer untuk menganalisis pasar sehingga seorang marketer dapat memahami pasar yang sudah ada ataupun menemukan peluang-peluang yang baru untuk meningkatkan keuntungan termasuk memprediksi kriteria target pasar. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada pemanfaatan data mining untuk memprediksi kriteria nasabah kredit, sehingga dapat diketahui apakah nasabah yang bersangkutan merupakan nasabah yang berpotensi menjadi nasabah kredit yang produktif atau tidak.

ANALISIS SISTEM

Prosedur pencarian nasabah yang dilakukan oleh Bagian Dana Bank XY Kabupaten Bandung, dapat dilihat pada Gambar 1. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, data nasabah kredit Bank XY Kabupaten Bandung tersimpan dalam database microsoft excel dengan nama MASTER_KREDIT hasil import dari Sistem Informasi Debitur (SID), dimana tabel tersebut terdiri dari 27 fields (Tabel 1).

 


      Gambar 1.       Activity Diagram Prosedur Pencarian Nasabah

Pada teknik classification, keluaran dari setiap data yang dijadikan parameter target atau class harus berupa bilangan bulat atau diskrit. Berdasarkan Tabel 1, field yang dijadikan parameter target (class), yaitu field „CEK‟ yang berisi nilai parameter AKTIF dan TIDAK-AKTIF. Nilai parameter AKTIF berarti nasabah masih mempunyai angsuran kredit kepada bank, sedangkan TIDAK-AKTIF berarti nasabah sudah tidak mempunyai angsuran kredit kepada bank lagi (sudah melunasi pembayaran kreditnya).

Berdasarkan records dari data pada field „CEK‟ tersebut, maka teknik classification bisa diterapkan untuk melakukan data mining pada data tersebut. Adapun kolom yang bisa diambil sebagai parameter-parameter pembentuk pohon keputusannya adalah :

a.         JENIS_KELAMIN
b.         UMUR
c.         DESA
d.         KECAMATAN
e.         STATUS_MARITAL
f.          NILAI_PINJAMAN
g.         JML_ANGSURAN
h.         KODE_INTEGRASI.

Contoh pohon keputusan yang terbentuk dengan menggunakan algoritma C4.5 dapat dilihat pada gambar 2. Setelah pohon keputusan terbentuk secara utuh, maka dibuat aturan prediksi berdasarkan hasil pembentukan pohon keputusan tersebut. Adapun rules (aturan) prediksi yang dapat diperoleh dari pembentukan pohon keputusan pada contoh tersebut adalah sebagai berikut :

1.Jika Pekerjaannya di bidang Perdagangan Dan DESA CITAPEN Diprediksikan Berpotensi

2.Jika Pekerjaannya di bidang Perdagangan Dan DESA BATUJAJAR BARAT Dan Jenis Kelaminnya Laki-Laki Diprediksikan Berpotensi

3.Jika Pekerjaannya di bidang Perdagangan Dan DESA CIPATIK Diprediksikan Tidak Berpotensi

4.Jika Pekerjaannya di bidang Perdagangan Dan DESA BATUJAJAR BARAT Dan Jenis Kelaminnya Perempuan Diprediksikan Tidak Berpotensi

5.Jika Pekerjaannya di bidang Pertanian Diprediksikan Tidak Berpotensi


 


                   Gambar 2. Pohon Keputusan Node 1.1.2

Gambar 3 menunjukkan use case aplikasi data mining yang dibangun sehingga tampak jelas interaksi antara pengguna dengan aplikasi data mining. Aktor yang terkait dengan aplikasi data mining ini adalah Bagian Dana. Aktor ini mempunyai wewenang sepenuhnya untuk menangani aplikasi seperti melakukan login, import data, mengatur parameter, memproses pohon keputusan, melakukan prediksi, menguji kriteria nasabah, dan membuat laporan. Interaksi antara pengguna dengan aplikasi data mining yang terjadi pada setiap aktivitas di atas, akan diperjelas dengan menggunakan activity diagram. Sebagai contoh dapat dilihat Gambar 4 yang menunjukkan activity diagram “Menginpor Data”.





Gambar 3. Use Case Diagram Aplikasi Data Mining








 

Gambar 4. Activity Diagram Mengimpor Data

Gambar 4. Activity Diagram Mengimpor Data Berdasarkan  skenario  use  case,  akan  dibentuk diagram  sequence  untuk  kasus  normal  dari  setiap skenario use case. Tabel 2 menunjukkan skenario use  case  melakukan  import  data  dan  Gambar  5 menunjukkan   sequence   diagramnya.   Sedangkan
 
 









Gambar 5. Sequace Diagram

KESIMPULAN DAN SARAN
Setelah melakukan analisis, perancangan, implementasi beserta pengujian yang telah
dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun dapat membantu Bagian Dana dalam menganalisis data nasabah untuk menentukan target pemasaran kredit sehingga diharapkan biaya operasional marketing perbankan dapat ditekan seminimal mungkin. Jadi perancangan aplikasi data mining ini telah sesuai dengan prosedur dan tujuan
yang    diharapkan. Adapun saran-saran untuk pengembangan aplikasi ini lebih lanjut adalah 1.Pembersihan data diharapkan bisa terintegrasi dalam aplikasi.

2.Adanya grafik yang mempresentasikan hasil analisis.

3.Format masukan data tidak hanya berupa Microsoft Excel saja tetapi bisa Microsoft Access, SQL server, dan lain sebagainya.

Daftar Pustaka :  https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputa/article/view/48

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Hello! Welcome to my Blog :). All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top